was successfully added to your cart.

BENGKULU,Visitbengkulu.net – Ketika berkunjung ke Kota Bengkulu, wisatawan selalu diarahkan untuk mengunjungi rumah Fatmawati, istri ketiga dari Sang proklamator yaitu Soekarno. Sebagai ibu Negara pertama Indonesia, Fatmawati dulunya tinggal di Bengkulu. Tepatnya berada di jalan Fatmawati Kelurahan Penurunan. Jarak tempat ini dari tempat di mana Soekarno pernah diasingkan sekitar tahun 1938-942 sekitar 100 meter saja.

Rumah Fatmawati yang berada di Bengkulu ini memiliki bentuk rumah seperti panggung yang bertiang dengan fondasi beton. Di atas tiang-tiang yang kokoh tersebut berdirilah sebuah rumah yang terbuat dari kayu dengan warna cokelat yang menghiasi. Arsitektur yang melekat dalam rumah tersebut sangat khas dengan arsitektur Bengkulu yaitu terdapat ukiran-ukiran pada bagian depannya. Rumah ini sudah mengalami beberapa kali renovasi. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 1980 an.

Bagian ruang tamu dari rumah Fatmawati ini terpajang foto-foto Fatmawati bersama dengan Bung Karno serta anak-anak mereka yaitu, Guntur, Megawati, Fatmawati, Rachmawati, Sukmawati, dan Guruh. Di samping itu, tampak pula foto Fatmawati ketika melakukan berbagai kunjungan kenegaraan. Selanjutnya, di sebelah pojok kanan ruang tamu terdapat mesin jahit yang dulunya digunakan Fatmawati untuk menjahit Sang Saka Merah Putih.

Pengunjung ketika berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan informasi yang minim mengenai foto-foto serta benda-benda peninggalan yang ada di dalamnya, selain memang informasinya yang sangat minim, keberadaan benda-benda bersejarah tersebut memang tidak begitu terpublikasikan. Dengan demikian, pengunjung hanya bisa menikmati berbagai benda unik yang ada saja tanpa mengetahui informasi lengkapnya secara lebih lanjut.

Bagi Anda yang kebingungan untuk menentukan destinasi wisata, tak ada salahnya jika memilih Kota Bengkulu sebagai destinasi yang tepat. Di sini, selain pemandangan alamnya yang menarik dan berbagai tujuan wisata lainnya, pengunjung juga akan menemukan beragam peninggalan sejarah sisa-sisa dari perjuangan ketika melawan penjajah dulu. Sebagai bangsa Indonesia, sudah wajib hukumnya untuk mempelajari peristiwa sejarah negeri. Oleh karena itu, jadikan Bengkulu sebagai destinasi Anda dan keluarga untuk menambah wawasan Anda tentang kekayaan sejarah yang dimiliki bangsa Indonesia.

Author visitbengkulu

More posts by visitbengkulu

Leave a Reply

Kontak kami 082372455559

kontak Visit Bengkulu