was successfully added to your cart.

BENGKULU,Visitbengkulu.net – Pendap merupakan makanan khas dari masyarakat Bengkulu yang mampu bersaing dengan sejumlah kuliner yang terkenal di jaman modern ini. cita rasa yang dimiliki pendap sangatlah khas. Hingga kini, makanan tradisional ini masih saja mampu menggugah selera siapa saja yang mengonsumsinya. Kekhasan aroma yang dimiliki tak bisa terelakkan lagi. terlebih lagi aroma khas tersebut disebabkan adanya daun keladi dan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Dalam pembuatannya, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Bahan-bahan tersebut antara lain kelapa muda, asam pedas, kunyit, kemiri, ketumbar, laos, bawang merah, ikan jemiin, ikan kakap merah atau ikan terusan. Sementara itu, bahan lain yang harus disiapkan adalah daun pisang dan daunt alas untuk membungkusnya dengan dilengkapi tali rafia untuk mengikatnya.

Bagi Anda yang berkunjung ke kota Bengkulu, jangan sampai melewatkan makanan khas yang satu ini. makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Dijamin mereka akan menyukainya karena aromanya pun sudah mampu menggugah selera makan Anda. Untuk menghasilkan cita rasa yang berkualitas, makanan khas Bengkulu ini memang membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Terlebih lagi, bahan-bahan atau rempah-rempah yang harus disiapkan juga harus lengkap. Di sini banyak juga masyarakat yang pandai mengolah makanan ini.

Pendap yang telah dibungkus dengan menggunakan daun talas selanjutnya direbus hingga 8 jam. Ketika merebusnya, Anda membutuhkan kuali yang besar dan juga api yang besar untuk membakarnya. Dengan demikian, tungku yang digunakan pun juga harus banyak. inilah salah satu cirri khas dari proses pemasakan makanan yang khas ini yaitu dengan menggunakan tungku. Ketika merebus, air untuk merebus diberi garam secukupnya, daun salam, dan serai. Tujuan dari pemberian rempah-rempah tersebut adalah untuk membuat aroma ikan pais ini lebih harum dan memiliki cita rasa yang khas. Ketika menyajikannya, makanan khas dari Bengkulu ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sayur-sayuran supaya lebih meningkatkan selera ketika makan.

Author visitbengkulu

More posts by visitbengkulu

Leave a Reply

Kontak kami 082372455559

kontak Visit Bengkulu