was successfully added to your cart.

BENGKULU,Visitbengkulu.net – Benteng Marlborough merupakan sebuah benteng terbesar yang terdapat di Asia Tenggara. Benteng ini pada dasarnya adalah peninggalan bangsa Inggris semasa menjajah Indonesia dulu. Pada mulanya, benteng ini berfungsi sebagai pertahanan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan waktu bangunan ini beralih fungsi menjadi tempat perdagangan. Daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Benteng Marlborough ini adalah selain karena langka, benteng ini memiliki bentuk yang masih asli tanpa adanya renovasi. Benteng ini memiliki posisi yang sangat strategi yaitu sangat dekat dengan pantai sehingga memunculkan perpaduan yang sangat dinamis antara budaya dan alam sehingga bisa berjalan secara sinergis dan dinamis.

Selain sebagai tempat tujuan wisata dari pengunjung, benteng ini juga dijadikan sebagai referensi untuk melakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan sejarah. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, selain mempelajari sejarah mereka pun juga bisa menikmati keindahan alam berupa pantai yaitu dengan mengunjungi pantai Paderi dan juga Pantai Zakat yang letaknya tidak jauh dari benteng Marlborough.

Sekitar Benteng Marlborough ini terdapat jembatan yang sangat unik. Jembatan ini memiliki bentuk layaknya ekor yang bisa dipasang dan dilepas. Bentuk bangunannya pada bagian dinding luar pun juga masih sangat natural dan penampakannya seperti parit. Di dalam Benteng Marlborough terdapat suatu ruangan yang dinamakan bastion. Bastion ini merupakan bangunan yang menjorok dan letaknya berada di setiap sudut gedung. Fungsi dari bangunan tersebut adalah untuk melakukan penyerangan terhadap musuh dengan cara tidak menampakkan dirinya. selanjutnya, bangunan yang terdapat did alam Benteng Marlborough adalah revaline. Revaline adalah bangunan di atas parit yang memiliki tiga sudut. Bangunan akan terhubung dengan sebuah benteng melalui jembatan.

Author visitbengkulu

More posts by visitbengkulu

Leave a Reply

Kontak kami 082372455559

kontak Visit Bengkulu