was successfully added to your cart.

BENGKULU,Visitbengkulu.net – Provinsi Bengkulu dikenal sebagai salah satu bagian Indonesia yang memiliki sejarah yang begitu kental. Salah satu bangunan yang menjadi cermin dari sejarah Bengkulu ini bisa disaksikan pada monumen Tugu Thomas Parr yang dibangun pada masa penjajahan Inggris sekitar tahun 1807 silam.

Menurut cerita sejarah, Thomas Parr adalah Residen Bengkulu saat itu yang dibenci oleh masyarakat sekitar. Hingga pada suatu ketika sejumlah orang Bugis yang merasa tidak senang dengannya merencanakan pembunuhan Thomas Parr dengan cara di penggal kepalanya ketika tengah beristirahat di rumah.

Kematian Thomas Parr itulah yang memicu kemarahan pemerintahan Inggris saat itu yang kemudian melampiaskannya dengan menembak para pimpinan lokal yang diduga menjadi dalang di balik peristiwa pembukaan Thomas Parr. Sejumlah desa di sekitar juga menjadi korban dengan di bumi hanguskan oleh Inggris. Guna memperingati kematian Thomas Parr itulah maka didirikan sebuah monumen yang kini dikenal sebagai Tugu Thomas Parr yang tidak jauh dari Benteng Marlborough yang berjarak hanya sekitar 100 meter.

Tugu Thomas Parr ini dikerjakan dengan tenaga masyarakat Bengkulu yang saat itu dengan cara kekerasan agar bangunan bisa selesai tepat pada waktunya. Monumen ini memiliki luas mencapai 70 meter persegi dengan panjang sekitar 13,5 meter serta memiliki bentuk yang hampir serupa seperti kubah pada masjid. Karena itulah Tugu Monas Parr dikenal sebagai saksi bisu sejarah kekejaman penjajahan Inggris pada masyarakat Bengkulu serta juga sebagai saksi bagaimana gigihnya masyarakat Bengkulu memperjuangkan kemerdekaan di tanah leluhur.

Untuk berkunjung ke Tugu Thomas Parr ini sangatlah mudah karena letaknya yang sangat strategis berada di pusat alun alun kota Bengkulu. Jika datang dari Bandara Fatmawati Bengkulu maupun dari Terminal Bus Bengkulu, wisatawan akan mudah mencari kendaraan untuk mencapainya baik dengan roda mobil ataupun sepeda motor. Selain itu banyak pula kendaraan umum jurusan monumen Tugu Thomas Parr yang bisa turun tepat di lokasinya dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Ditempat ini wisatawan akan meningkat saat akhir pekan atau hari libur.

Author visitbengkulu

More posts by visitbengkulu

Leave a Reply

Kontak kami 082372455559