was successfully added to your cart.

BENGKULU,Visitbengkulu.net – Bengkulu sebuah provinsi yang menyimpan sejuta pesona wisata alam. Salah satunya ada di Kabupaten Rejang Lebong, wisata Suban Air Panas Curup. Objek wisata pemandian air panas yang menyimpan banyak keunikan bagi wisatawan. Wisata alam yang menyajikan kesejukan dan kehangatan alam bumi raflesia.  Objek wisata ini telah dibuka sejak hampir 80 tahun silam.

Suban Air Panas Curup terletak di Kabupaten Rejang Lebong, lebih tepatnya di berjarak ± 6 km dari ibu kota kabupaten, Curup. Keindahan yang ditawarkan di objek wisata iti sangat menarik. Mulai   dari air panasnya yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam pentakin kulit. Jadi banyak wisatawan lokal maupun loar kota berbondong-bondong ke Suban Air Panas Curup untuk berendam atau hanya sekedar mandi saja.

Dari segi pemandangan alam, destinasi wisata ini menyajikan pemandangan air terjun dengan ketinggian berkisar 90 meteran yang terbelah dua. Dikatakan terbelah dua karena pada ujung aliran air terjun terpisah menjadi dua aliran dengan air yang jernih serta sejuk. Tidak ada salahnya menikmati air terjun dengan air dingin di sertai sumber air panas yang menghangatkan tubuh.

Satu lagi keunggulan air panas di sini. Airnya tidak berbau belerang dan jernih, sehingga menjadi nilai tambah dari pemandian air panas ini. Tersedia juga kolam untuk berenang yang sangat nyaman untuk para wisatawan. Sajiaan tempat wisata yang cocok untuk wisata bersama keluarga di liburan Anda.

Yang tidak boleh ketinggalan dari Suban Air Panas Curup adalah adanya dua batu yang dipercaya memiliki kekuatan. Batu-batu adalah batu peninggalan Suku Rejang  zaman Megalitikum. Dua batu tersebut berlokasi berbeda. Batu pertama disebut, “Trisakti”. Sedangkan tak jauh dari batu pertama ada “batu menangis”. Dikatakan sebagai “batu menangis” karena dipercaya batu ini bisa mengeluarkan air. Air yang keluar dari batu tersebut dipercayai bisa melancarkan jodoh.

Dari mitos tersebut, maka banyak pengujung yang mencoba mengusapkan air dari batu menangis ke bagian alis mata. Bahkan masih dijumpai beberapa pengunjung yang membawa sesajian dan diletakan di dua batu tersebut guna untuk mencari berkah. Paling jelas, wisata Suban Air Panas Curup menyajikan keindahan dan kehangatan alam dibalut dengan nuansa historis serta mitos di Bumi Raflesia, Bengkulu.

 

Author visitbengkulu

More posts by visitbengkulu

Leave a Reply

Kontak kami 082372455559