was successfully added to your cart.

BENGKULU,Visitbengkulu.net – Indonesia kaya akan keberagaman salah satunya adalah rumah adat yang bermacam variasinya dari daerah satu dengan yang lainnya. Bubungan Lima merupakan rumah adat Bengkulu. Tahukah anda, bahwa rumah adat Bengkulu tersebut diperkirakan sudah ada pada tahun 1916 an.

Rumah adat resmi Provinsi Bengkulu ini memiliki bentuk yang sangat unik, karena seperti namanya bubungan lima yang bentuk atapnya memiliki bentuk atap yang sama seperti bubungan lima, bubungan haji dan bubungan jembatan. Rumah adat Bengkulu tersebut termasuk ke dalam rumah panggung. Biasanya dibuat dari bahan kayu medang kemuning atau surian balam, kayu tersebut memiliki karakter yang halus dan tahan lama.

Pada umumnya rumah adat tersebut memiliki 15 tiang yang tinggginya mencapai 1,8 meter dan beralas batu. Memiliki atap dari ijuk yang berbentuk limas dengan tinggi 3,5 meter. Memiliki lantai kayu dan tangga, anak tangga berjumlah ganjil karena sesuai dengan adat yang ada di Bengkulu.  Rumah terdiri dari beberapa bagian yaitu barendo sebagai tempat untuk menerima tamu yang sedang menyampaikan pesan, hall untuk menerima tamu dari kerabat dekat.

Bilik gedang merupakan kamar tidur untuk keluarga, bilik gadis adalah tempat yang  di gunakan anak gadis untuk tidur dan bersolek, ruang tengah biasanya digunakan untuk menerima tamu bagi ibu rumah tangga atau keluarga dekat si gadis dan terkadang untuk mengaji, ruang makan, garang yang merupakan tempat penyimpanan tempayan air, dapur, barendo belakang yang digunakan sebagai tempat bersantai kaum wanita untuk menghilangkan rasa lelahnya setelah menjalankan tugas.

Ada yang mengatakan bahwa rumah adat Bengkulu bubungan lima merupakan bukan jenis rumah ada yang bisa ditempati oleh masyarakat umum. Mengapa demikian? Karena rumah bubungan lima memiliki fungsi yang sangat khusus sebagai penyambutan tamu, kelahiran, perkawinan atau kematian yang merupakan acara yang sangat penting di daerah Bengkulu tersebut.

Rumah adat Bengkulu tersebut sangatlah unik dan memiliki nilai yang tinggi dari adat di Bengkulu. Uraian di atas merupakan tentang rumah adat bubungan lima yang bisa anda ketahui bahwa rumah tersebut memiliki fungsi yang khusus tidak seperti rumah biasanya.

 

Author visitbengkulu

More posts by visitbengkulu

Leave a Reply

Kontak kami 082372455559