was successfully added to your cart.

Putri Gading Cempaka – Indonesia sudah dikenal dengan tradisi dan budaya yang tetap lestari hingga sekarang. Termasuk mengenai cerita rakyat maupun legenda. Seperti di daerah lain di Indonesia, Bengkulu juga memiliki cerita rakyat. Salah satu cerita rakyat yang populer di masyarakat adalah cerita mengenai Putri Gading Cempaka. Dikisahkan, Putri Gading Cempaka adalah seorang putri bungsu dari Raja Ratu Agung dari sebuah kerajaan di Bengkulu Utara yang bernama Kerajaan Sungai serut. Putri bungsu Raja ini terkenal hingga pelosok negeri karena kecantikan parasnya.

Cerita bermula dari wasiat Raja Agung kepada anak-anaknya, bahwa ia merasa ajal akan menjemput. Untuk itu, ia akan mewariskan tahtanya kepada anak sulungnya, yaitu Anak Dalam. Sementara wasiat yang kedua adalah, jika suatu saat negeri Sungai Serut terjadi bencana, maka mereka disuruh berlindung ke Gunung Bungkuk. Disana juga akan ada seorang pangeran yang berjodoh dengan Putri Gading Cempaka.  Setelah Anak dalam naik tahta, maka nama kerajaan berubah menjadi Bangkahulu.

Suatu hari ada seorang raja dir kerajaan Aceh yang hendak meminang sang putri. Namun pada akhirnya ditolak.  Karena Raja Aceh tersebut kecewa dan marah, akhirnya memutuskan untuk berperang. Lalu Raja Anak Dalam dan saudaranya memutuskan untuk pergi ke Gunung Bungkuk. Akhirnya kerajaan Bangkahulu diambil alih oleh Maharaja Sakti.

Suatu hari Maharaja Sakti bermimpi melihat seorang bidadari cantik. Ia pun bertanya pada peramal mengenai bidadari itu. Sang peramal mengatakan jika bidadari itu adalah seorang putri bernama Putri Gading Cempaka dari kerajaan terdahulu yang tinggal di Gunung Bungkuk. Ia menyarankan untuk menjemputnya dan meminangnya. Pada akhirnya sang Raja pergi ke Gunung dan bertemu dengan sang Putri dan akhirnya menikah dan membangun negeri yang makmur.

Saat ini, Putri Gading Cempaka masih dikenang masyarakat Bengkulu. Hal ini dibuktikan dengan banyak masyarakat lokal maupun luar Bengkulu yang berziarah ke makam sang putri.Makam sang putri bersebelahan dengan makam Maharaja Sakti. Lokasi makam ini terletak di Balai Buntar Bengkulu Tengah. Jika anda sedang berkunjung atau berada di sekitar Bengkulu Tengah, maka bisa mengunjungi makam ini sebagai wisata sejarah.

Author visitbengkulu

More posts by visitbengkulu

Leave a Reply

Kontak kami 082372455559

kontak Visit Bengkulu