was successfully added to your cart.

BENGKULU,Visitbengkulu.net  – Selain dikenal sebagai provinsi yang kental dengan sejarahnya, Bengkulu juga dikenal dengan berbagai keragamannya dalam endemik puspa yang kini sudah terbilang langka di dunia. Di Bengkulu ini ada dua bunga cantik yang hanya satu-satunya di dunia yakni Anggrek Panda dan juga Rafflesia. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Bengkulu hanya untuk melihat fenomena mekarnya Bunga Rafflesia dimana ada 4 Jenis Bunga Rafflesia yang ada di Bengkulu.

Bunga Rafflesia ini bisa dijumpai di sejumlah hutan lindung tepatnya di daerah Kapahiang, Mukomuko, Seluma, Lebong, serta Bengkulu Selatan. Untuk bisa melihatnya dibutuhkan usaha keras karena bunga ini tumbuh diantara bukit atau lembah. Membahas mengenai 4 Jenis Bunga Rafflesia yang ada di Bengkulu, berikut penjelasannya.

  1. Rafflesia Arnold

visitbengkulu-bunga-rafflesia-bengkulu

Bunga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1818 oleh dua ilmuwan asing yakni Sir Stamford Raffles dan Dr. Joseph Arnold di Desa Pulo Lebar sehingga diberikan nama Rafflesia Arnoldi. Rafflesia Arnoldi dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia dengan memiliki diameter mencapai 70 hingga 110 cm.

  1. Rafflesia Gadutensis Meijer

visitbengkulu-rafflesia-gadutensis

Berdasarkan ukuran, untuk Bunga Rafflesia jenis ini terbesar kedua setelah Rafflesia Arnoldi dengan memiliki diameter sekitar 40 hingga 60 cm. Rafflesia Gadutensis Meijer pertama kali ditemukan pada tahun 1984 di Desa Talang Baru, Malin Deman, Mukomiko.

  1. Rafflesia Hasselti Suringar

Banyak yang mengatakan Rafflesia jenis ini merupakan yang paling cantik diantara lainnya. Nampak dari bentuk helai bunga serta pola bercak yang ada. Rafflesia Hasselti Suringar memiliki diameter sekitar 35 hingga 70 cm yang pertama kali ditemukan di Lebong.

  1. Rafflesia Bengkulunensis

visitbengkulu-rafflesia_bengkuluensisUntuk 4 Jenis Bunga Rafflesia yang ada di Bengkulu yang terakhir kental dengan nuansa Indonesia yang bisa dilihat dari namanya. Nama Bengkulu diberikan sebagai apresiasi sebagai lokasipertama jenis ini dideskripsikan. Rafflesia Bengkulunensis memiliki lebar diameter sekitar 50 hingga 55 cm.

 

4 Jenis Bunga Rafflesia yang ada di Bengkulu itu tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat sekitar pada khususnya serta Indonesia pada umumnya karena pesona kecantikannya dan sisi langkanya yang mampu menjadi daya tarik wisatawan dunia untuk berkunjung ke Bengkulu.

Author visitbengkulu

More posts by visitbengkulu

Leave a Reply

Kontak kami 082372455559